I-Robot,, gambaran keren dari Interaksi Manusia&Komputer

Ngomong ngomong tentang matkul Interaksi Manusia dan Komputer pasti langsung kebayang gimana membuat suatu sistem yang bisa berinteraksi mudah dengan manusia. Film I-robot lah salah satu gambaran kerennya Interaksi Manusia dan Komputer. Baca selengkapnya yuk...

I robot merupakan film fiksi ilmiah yang menceritakan tentang kehidupan manusia di tahun 2035,tepatnya di Chicago, Amerika serikat. Film ini terbilang sangat menarik dengan "dihiasi" gambaran kemajuan teknologi interaksi manusia dan komputer yang luar biasa. Digambarkan oleh berbagai peralatan canggih, ruangan dengan sensor2 canggih, mobil dengan kecepatanan dan fasilitas canggih (stir otomatis,
musik player otomatis) dan robot yang telah dibekali kecerdasan buatan.
Dalam film tersebut, robot dianggap sebagai sebuah kebutuhan bagi sebagian besar manusia untuk membantu hampir seluruh kegiatannya.
Mulai dari tugas perkantoran, pabrik-pabrik, hingga pekerjaan-pekerjaan rumah tangga.
Robot-robot tersebut sudah dapat menanggapi perintah-perintah manusia berdasarkan kata-kata, tingkah laku, atau bahkan dari perubahan mimik wajah sekalipun. Robot-robot yang sering dipakai berinteraksi dengan manusia, penampilannya dibuat
semanusiawi mungkin, mulai dari bentuk tubuh hingga raut wajah. Agar manusia dapat merasa nyaman untuk menggunakan dan hidup bersama-sama dengan robot tersebut.
Dari segi pemikiran, robot-robot tersebut telah terprogram untuk mengambil keputusan dan melakukan suatu tindakan sesuai dengan perhitungan-perhitungan yang logis, yang membuat robot-robot tersebut bertindak secara sangat rasional. Dan untuk melindungi manusia dari kemungkinan-kemungkinan yang tidak diinginkan dari robot itu sendiri, maka ditanamkanlah suatu algoritma kedalam otak robot yang dikenal dengan ”3 Hukum Robot”. Yang berbunyi :
1. Sebuah robot tidak boleh melukai manusia.
2. Sebuah robot harus mematuhi perintah apapun yang diberikan oleh manusia kepadanya, kecuali perintah tersebut akan bertentangan dengan hukum pertama.
3. Sebuah robot harus melindungi dirinya sendiri selama perlindungan tersebut tidak bertentangan dengan hukum pertama dan hukum kedua.
(Dalam cerita fiksi imiah, 3 Hukum Robot merupakan kumpulan dari 3 aturan yang ditulis oleh Isaac Asimov yang merupakan seorang penulis novel klasik)
Namun seiring dengan perkembangannya robot-robot mulai berevolusi,Hal ini dibuktikan dengan kasus Sonny (sebuah robot NS-5) dan V.I.K.I. (sebuah komputer utama di perusahaan USR, yang juga mengendalikan seluruh robot jenis NS-5). Mereka berdua mempunyai kecerdasan buatan yang disebut A.I. (Atificial Intelligence)yang telah berevolusi sendiri. Sehingga membuat sebuah mesin dapat belajar dan mengambil keputusan dengan sendirinya.

Banyak hal yang dapat diambil dari film ini,ternyata kemajuan teknologi (khususnya robot) memang dapat sangat membantu pekerjaan manusia,tapi di sisi lain hal tersebut justru akan menjadi boomerang yang akan merugikan manusia itu sendiri. Robot-robot di film ini yang tadinya melayani manusia justru berbalik menyandra manusia dan
merusak kota sampai akhirnya asal masalah tersebut yang ternyata akibat dari ulah virus alias otak computer yang mengendalikan semuanya. Bersama SONY ditemani oleh seorang ilmuwan wanita mereka berusaha untuk mematikan virus yang ada di pusat kendali robot.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah, Definisi & Komponen Sistem Basis Data

Hayoo.. Curhat atau mengeluh? :)

Tutorial Dasar MongoDB