Sirah Nabawiyah - Part 1

-- Karena gajah saja mati meninggalkan gading, maka apalah arti manusia seperti saya ini? apa yang bisa saya tinggalkan setelah mati? Jika harta mungkin saja habis, semoga tulisan ini dapat bermanfaat, setidaknya untuk saya sendiri, anak atau cucu saya kelak. Tulisan ini berupa ringkasan yang rencananya InsyaAllah akan dibuat berseri (part 1, 2, 3, 4, dst..mohon doanya, senoga penulis istiqomah) bersumber dari buku Sirah Nabawiyah karya Syaikh Shafiyyurrahman Al-Mubarakfuri. Terimakasih syaikh, saya belum pernah mohon izin meringkas buku ini secara resmi, tapi semoga pahala terus mengalir kepada syaikh setiap ada manfaat dari pembaca tulisan di blog ini.
 
“Ikatlah ilmu dengan menulisnya”

Karena tak kenal maka tak sayang, semoga tulisan ini membuat penulis dan pembacanya makin tau, makin kenal dan makin sayang kepada Rasulullah Salallahu’alaihi Wassalam.. Bismillahirrohmanirrohiim.. Kebenaran datangnya dari Allah, kesalahan datangnya dari saya, kebodohan dan fakirnya pengetahuan saya.

 Sirah Nabawiyah - Part 1


Posisi Bangsa Arab dan Kaumnya
                Menurut bahasa, Arab artinya padang pasir, tanah gundul dan gersang yang tiada air dan tanamannya. Jazirah arab memiliki peranan yang besar karena letak geografisnya. Kondisi tersebut yang
membuat jazirah arab seperti benteng pertahanan yang kokoh, yang tidak memperkenankan bangsa asing untuk menjajah atau menguasai bangsa Arab. Penduduk jazirah arab hidup merdeka dan bebas dari segala urusan sejak jaman dahulu. Karena letak geografisnya pula, Jazirah Arab menjadi tempat berlabuh berbagai bangsa (Afrika, Eropa, India, Cina, dll) untuk saling bertukar peradaban, perniagaan, agama dan seni.
                Ditilik dari silsilah keturunan dan cikal bakalnya, para sejarawan membagi kaum-kaum bangsa arab menjadi 3 bagian, yaitu :
1.       Arab Ba’idah, yaitu kaum-kaum Arab terdahulu yang sejarahnya tidak dapat dilacak secara rinci dan komplit, seperti : Ad, Tsamud, Thasm, Jadis, Imlaq dan lainnya.
2.       Arab Aribah, yaitu kaum-kaum Arab yang berasal dari keturunan Ya’rub Yasyjub bin Qahthan atau disebut juga Arab Qahthaniyah.
3.       Arab Musta’rabah, yaitu kaum-kaum Arab yang berasal dari keturunan Ismail yang disebut juga Arab Adnaniyah

Kondisi Politik Arab Sebelum Islam
                Kondisi politik dikalangan bangsa Arab sebelum islam pada saat itu manusia dapat dibedakan antara tuan dan budak, pemimpin dan rakyat. Para tuan, terlebih lagi seluruh arab, berhak atas semua harta rampasan dan kekayaan, dan hamba diwajibkan membayar  denda dan pajak. Dengan istilah lain yang lebih gamblang, rakyat dapat diumpamakan ladang yang harus mendatangkan hasil dan memberikan pendapatan bagi pemerintah. Lalu para pemimpin menggunakan kekayaan itu untuk foya-foya, mengumbar syahwat, bersenang-senang, memenuhi kesenangan dan kesewenang-wenangannya.
                Sedangkan rakyat dengan kebutaannya semakin terpuruk dan dilingkupi kezhaliman dari segala sisi. Mereka harus menahan rasa lapar, ditekan dan mendapat berbagai macam penyiksaan dengan sikap diam, tanpa mengadakan perlawanan sedikitpun. Kekuasaan yang berlaku saat itu adalah sistem diktator. Banyak yang hilang dan terabaikan.

Agama Bangsa Arab
                Mayoritas bangsa Arab mengikuti dakwah Ismail Alaihi salam, yaitu tatkala beliau menyeru kepada agama bapaknya, Ibrahim Alaihi salam yang intinya menyembah Allah, mengesakanNya dan memeluk agamaNya.
                Waktu bergulir sekian lama, hingga banyak diantara mereka yang melalaikan ajaran yang pernah disampaikan pada mereka. Sekalipun begitu, masih ada sisa-sisa tauhid dan beberapa syiar dari agama Ibrahim hingga muncul Amr bin Luhay, pemimpin Bani Khuza’ah . Dia tumbuh sebagai orang yang dikenal berbuat baik, mengeluarkan sedekah dan respect terhadap urusan-urusan agama, sehingga semua orang mencintainya dan hampir-hampir mereka menganggapnya sebagai ulama besar yang sangat disegani. Kemudian ia melakukan perjalanan ke Syam. 

“Lalu, apa yang dilakukannya di Syam?” To be continue...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah, Definisi & Komponen Sistem Basis Data

Hayoo.. Curhat atau mengeluh? :)

Tutorial Dasar MongoDB