Sirah Nabawiyah - Part 2

-Part 2- Tulisan ini berupa bersumber dari buku Sirah Nabawiyah karya Syaikh Shafiyyurrahman Al-Mubarakfuri. Terimakasih syaikh, saya belum pernah mohon izin meringkas buku ini secara resmi, tapi semoga pahala terus mengalir kepada syaikh setiap ada manfaat dari pembaca tulisan di blog ini. Bismillahirrohmanirrohiim.. Kebenaran datangnya dari Allah, kesalahan datangnya dari saya, kebodohan dan fakirnya pengetahuan saya.
Sirah Nabawiyah - Part 2



Agama Bangsa Arab (part 2)
                Ulama besar Amr bin Luhay, pemimpin bani Khuza’ah melakukan perjalanan ke Syam. Disana dia melihat penduduk Syam yang menyembah berhala dan menganggap hal tersebut sebagai sesuatu yang baik dan benar. Alasannya adalah karena menurutnya, Syam adalah tempat para rasul dan kitab. Maka setelah ia pulang, ia mengajak penduduk Makkah untuk membuat persekutuan terhadap Allah. Orang-orang Hijaz pun banyak yang mengikutinya, karena menganggap penduduk Makkah sebagai pengawas Ka’bah dan penduduk tanah suci.
                Berhala yang mereka buat pertama adalah Manat, yang ditempatkan di tepi Laut Merah. Kemudian Latta dan Uzza. Inilah tiga berhala terbesar, yang kemudian kemusyrikan makin merebak dan berhala-berhala kecil bertebaran di setiap tempat di Hijaz. Mereka juga memenuhi Masjidil Haram dengan berbagai macam berhala dan patung. Tatkala Rasulullah menaklukan Makkah, ada sekitar 360 berhala. Dikisahkan juga bahwa Amr bin Luhay mempunyai pembantu dari jenis jin.
                Orang-orang Arab jahiliyah pada saat itu menganggap dirinya berada pada agama Ibrahim, padahal kemusyrikan dan penyembahan berhala terjadi dimana-mana saat itu. Mereka juga mempunyai beberapa tradisi dan upacara penyembahan berhala yang kebanyakan diciptakan oleh Amr bin Luhay. Sementara orang orang mengira apa yang diciptakan Amr bin Luhay adalah sesuatu yang baru dan baik serta tidak mengubah agama Ibrahim.
                Orang-orang Arab jahiliyah juga mengundi nasib dengan menggunakan al-azlam (anak panah yang tidak ada bulunya). Pada anak panah tersebut ada tanda “Ya” dan “Tidak”. Mereka mengundi nasib berkaitan dengan perbuatan yang dikehendakinya, seperti bepergian, menikah dan lain lainnya. Jika yang keluar tanda “Ya”, mereka akan melaksanakannya. Jika yang keluar tanda “Tidak”, mereka akan menangguhkannya hingga tahun depan, dan mengundi nasib lagi. Mereka juga percaya perkataan paranormal, peramal dan ahli nujum (ahli perbintangan), serta ath-thirayah atau meramal nasib sial dengan sesuatu (misal, mereka melepaskan seekor burung jika burung terbang ke arah kanan maka hal tersebut pertanda baik, jika ke kiri maka pertanda sial).
                Sekalipun masyarakat Arab jahiliyah seperti itu, masih ada sisa-sisa dari agama Ibrahim dan mereka tidak meninggalkannya, seperti pengagungan terhadap ka’bah, thawaf, haji, umroh, wuquf di Arafah dan Muzdalifah, namun ada hal-hal baru dalam pelaksanaannya.
                Begitulah agama mayoritas bangsa arab saat itu. Sementara sebelum itu sudah ada agama Yahudi, Masehi (Nasrani), Majusi dan Shabi’ah. Namun agama-agama tersebut sudah banyak disusupi penyimpangan dan hal-hal yang merusak. Orang-orang musyrik yang mengaku berada pada agama Ibrahim justru keadaannya jauh dari perintah dan larangan syari’at Ibrahim. Seiring perjalanan waktu, mereka berubah menjadi kaum paganis (penyembah berhala). Sedangkan orang-orang Yahudi berubah menjadi orang-orang yang angkuh dan sombong. Pemimpin-pemimpin mereka menjadi sesembahan selain Allah. Orang-orang Nasrani pun berubah menjadi agama paganisme yang sulit dipahami dan mencampuradukkan antara Allah dan manusia. Sedangkan agama shabi’ah menurut beberapa kisah, setelah kedatangan agama baru seperti Yahudi dan Nasrani, agama ini mulai kehilangan pengikutnya. Tapi, sisa-sisa pemeluknya yang bercampur dengan pemeluk Majusi atau berdampingan dengan masyarakat Arab dan Irak serta di pinggiran teluk Arab.

Setelah membahas kondisi agama di jazirah Arab, bagaimana kondisi sosial, ekonomi serta akhlaknya? To be continue….


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah, Definisi & Komponen Sistem Basis Data

Hayoo.. Curhat atau mengeluh? :)

Tutorial Dasar MongoDB