Tutorial Koneksi Database MySQL dan PHP Pada Halaman Web


Tutorial Koneksi Database MySQL dan PHP Pada Halaman Web

Tulisan ini dibuat untuk yang baru mau memulai membangun web dinamis. Masih dasar sekali. Tools yang saya gunakan : Notepad++, XAMPP dan browser (saya pakai Mozilla). Tutorial ini sementara hanya untuk menampilkan data tabel dari database yang telah dibuat ke halaman web. Semoga bermanfaat.
1.       Pastikan semua software yang dibutuhkan sudah terinstall dengan baik dan benar
2.       Set port XAMPP agar tidak berbenturan dengan aplikasi lain. Pastikan Apache dan MySQLnya dalam keadaan aktif (klik start). Idealnya, posisi XAMPP control panelnya seperti screenshot berikut :

 3.       Mulailah dengan membuat sebuah database dengan phpMyAdmin dengan mengetikkan url ini pada browser http://localhost/phpmyadmin/ (Saya membuat database dengan nama “penjualan”) lalu klik button create.

4.       Berikutnya, buatlah tabel dalam database yang telah dibuat sebelumnya. Saya membuat tabel “Barang” dalam database “penjualan”, dengan detail tabel seperti berikut ini :

5.       Sampai pada tahap ini, pembuatan database dengan sebuah tabel didalamnya sudah selesai. Kita dapat menambahkan tabel sesuai dengan kebutuhan web atau sistem informasi yang akan dibuat. Langkah berikutnya adalah menyiapkan file php untuk menghubungkan database dengan halaman web. Ketikkan kode program berikut, kemudian simpan dengan nama koneksi.php

6.       Pada halaman web, saya hanya ingin menampilkan data nama barang, harga dan keterangan saja (namaitem, harga, keterangan). Ketikkan kode program berikut, lalu simpan dengan nama tab.php bagian terpentingnya saya blok (bagian koneksi sampai dengan menampilkan nama barang, harga dan keterangan). Selebihnya hanya kode untuk tampilan saja, terdiri dari judul dan tabel barang.



Kurang jelaskah bagian yang saya blok? ini ya kodingnya…
  include "koneksi.php";

  $a=mysql_query("select*from barang");
  while($baris=mysql_fetch_array($a)){
  ?>

 
 
   

7.       Hampir selesai, sekarang yang tidak kalah penting adalah masalah penyimpanan filenya. Kedua file yang telah dibuat tadi harus disimpan dalam folder htdocs. Carilah folder XAMPP (saya ada di drive c: ), kemudian buka folder htdocs. Dalam folder htdocs ini, buatlah sebuah folder untuk menyimpan pekerjaan kita tadi (file koneksi.php dan tab.php). Saya membuat folder dengan nama “coba”. Dalam proses pengembangannya, kita dapat menyimpan semua file yang dibutuhkan dalam web seperti gambar, audio atau video dalam folder ini agar tak terpencar dan lebih mudah dalam pengerjaannya.

8.       Selesai sudah, silakan dicek hasilnya pada browser dengan mengetikkan url berikut http://localhost/coba/tab.php

9.       Tampilannya kurang menarik ya? Boleh ditambahkan gambar, warna atau style lain dengan CSS.  Mudah ya? Selamat mencoba, jangan berhenti disini. Silakan dikembangkan sampai menjadi suatu sistem informasi atau website yang utuh. Semoga berhasil. Salam 😀

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah, Definisi & Komponen Sistem Basis Data

Hayoo.. Curhat atau mengeluh? :)

Tutorial Dasar MongoDB